Jaga BIPA
BIPA Institute Network

BIPA Institution Map

Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 
Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 
1/ 1

Jalan Setiabudhi No.229, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154
Phone: (022) 2000022
Email: balaibahasa@upi.edu
Website: balaibahasa.upi.edu

Balai Bahasa UPI

Berkenaan dengan perubahan nama IKIP Bandung menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 1999, nama Balai Bahasa IKIP Bandung pun berubah menjadi Balai Bahasa UPI. Balai Bahasa UPI adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) UPI di bawah Deputi Hubungan Akademik

Fungsi Balai Bahasa UPI

1. Menyediakan pelatihan bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), juga bahasa asing bagi anggota fakultas, staf administrasi, mahasiswa, mahasiswa asing, ekspatriat, dan umum.

2. Mengembangkan bahan, metode, dan media pembelajaran bagi pengajaran bahasa Indonesia dan bahasa asing

3. Melakukan penelitian dan pengembangan di bidang pengajaran dan pembelajaran bahasa melalui koordinasi dengan departemen-departemen di UPI

4. Menerjemahkan buku teks dan bahan ajar lainnya baik dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia maupun sebaliknya

5. Mengelola tes kemahiran berbahasa standar baik dengan mengembangkan instrumen sendiri maupun bekerja sama dengan institusi lain

PELATIHAN BIPA (BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING)

Program ini bertujuan untuk menyediakan pelatihan bahasa Indonesia bagi penutur asing agar mereka tidak hanya dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, namun juga mengenal budaya Indonesia. Program ini terbagi ke dalam tiga jenis pelatihan, sebagai berikut:

Pelatihan BIPA ICT

Pelatihan ini adalah program kerja sama antara Balai Bahasa UPI dengan lembaga mitra, di antaranya Australian Indonesian Association (AIA) dan Hankuk University of Foreign Studies (HUFS). Dalam program ini, pemelajar bahasa Indonesia  yang mempelajari bahasa Indonesia di Australia akan berkesempatan untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai bahasa dan budaya Indonesia dalam program AIA-Indo Austay. Durasi program ini beragam, mulai dari 2 minggu sampai dengan satu bulan. Program AIA-Indo Austay ditujukan bagi seseorang yang ingin mendapatkan kursus privat bahasa Indonesia one-to-one (satu guru satu siswa). Dalam program HUFS, pemelajar bahasa Indonesia yang berasal dari keluarga multikultur berkesempatan untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai bahasa dan budaya Indonesia dalam program LG Multicultural School. Durasi program ini selama dua minggu.



BIPA KNB, Darmasiswa, & GYBM

Serupa dengan Pelatihan BIPA ICT, program ini merupakan program kerja sama antara Balai Bahasa UPI dengan pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk menyediakan kuliah bahasa Indonesia bagi siswa yang mendapatkan beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang). Program ini juga bertujuan untuk mempersiapkan para penerima beasiswa untuk menghadiri perkuliahan yang dilakukan dalam bahasa Indonesia

Darmasiswa adalah siswa yang mendapatkan beasiswa selama 8 bulan untuk mempelajari bahasa Indonesia dan budayanya di Indonesia. Program ini berlangsung selama 8 bulan.

GYBM atau Global Young Business Manager adalah program kerja sama dengan DaewooSKY. Program ini dikhususkan bagi TKA asal Korea yang akan bekerja di Indonesia. Durasi program ini selama 9 bulan.

BIPA Non-reguler

Kursus ini bertujuan agar peserta dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia di berbagai situasi dan konteks. Program ini dibagi ke dalam tingkat dasar, menengah, dan mahir. Tiap tingkat dibagi menjadi tingkat 1, 2, dan 3. Setiap tingkat akan dilakukan selama 30 jam. Program ini terbuka untuk umum. Orang-orang dengan berbagai latar belakang pendidikan yang ingin menguasai bahasa Indonesia dan mengenal budaya Indonesia dipersilakan mengikuti program ini.

 

 

Sumber: http://balaibahasa.upi.edu/


Agency for Language Development and Cultivation
Ministry of Education, Culture, Research, and Technology

Indonesia Peace and Security Center (IPSC)
Jalan Anyar Km. 4, Sukahati, Citeureup, Bogor Regency, West Java
(021) 29099245