BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING
DALAM JARINGAN
INDONESIAN FOR FOREIGN SPEAKERS ONLINE
BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING
DALAM JARINGAN
INDONESIAN FOR FOREIGN SPEAKERS ONLINE

Soal Sering Ditanya (SSD)


Informasi

BIPA Daring (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Jaringan) merupakan portal yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. BIPA Daring dikembangkan untuk menyediakan akses bagi pemangku kepentingan dan penerima manfaat program BIPA terhadap produk dan layanan ke-BIPA-an dari berbagai sumber.

Portal BIPA Daring terdiri atas modul berisi bahan-bahan acuan pembelajaran BIPA, modul berisi data dan informasi lembaga penyelenggara program BIPA di dalam dan luar Indonesia, modul berisi data dan informasi kiprah dan karya pemerhati BIPA, modul pengelolaan pembelajaran jarak jauh BIPA secara daring dan modul layanan tes daring pembelajaran BIPA yang terdiri atas tes penempatan bagi calon pemelajar BIPA dan tes evaluasi belajar bagi pemelajar BIPA.

Yang bisa menjadi pengguna portal BIPA Daring adalah para pegiat BIPA atau lembaga BIPA yang telah mendaftakan diri di modul portal BIPA Daring dengan memasukkan alamat posel yang aktif dan terkonfirmasi.


Belajar BIPA

Calon pengguna dapat mengeklik ikon 'Daftar'. Masukkan data diri yang sesuai, lalu ikuti langkah-langkah pendaftaran berikutnya.

Pilih ikon bahan belajar yang ingin diunduh dengan mengisi data yang diperlukan, kemudian klik ikon 'Unduh'. Silakan tunggu unduhan hingga selesai.

Pengguna terdaftar dapat mengunggah konten di modul Belajar BIPA pada akun masing-masing. Setelah selesai mengunggah, admin portal BIPA Daring akan memvalidasi konten tersebut untuk ditampilkan di modul Belajar BIPA.


Jaga BIPA

Calon pengguna dapat mengeklik ikon 'Daftar'. Masukkan data diri beserta data lembaga yang sesuai, lalu ikuti langkah-langkah pendaftaran berikutnya. Setelah itu, admin portal BIPA Daring akan memvalidasi lembaga BIPA yang didaftarkan untuk ditampilkan di modul Jaga BIPA

Pengguna dapat mengeklik ikon bendera negara penyelenggara BIPA, kemudian pengguna dapat melihat daftar lembaga yang ada di negara tersebut.


Bakti BIPA

Calon pengguna dapat mengeklik ikon 'Daftar'. Masukkan data diri yang sesuai, lalu ikuti langkah-langkah pendaftaran berikutnya.

Pengguna terdaftar dapat mengunggah konten di modul Bakti BIPA pada akun masing-masing. Setelah selesai mengunggah, admin portal BIPA Daring akan memvalidasi konten tersebut untuk ditampilkan di modul Bakti BIPA.


Tebar BIPA

Pemelajar yang bisa mendaftarkan diri adalah pemelajar di lembaga penyelenggara program BIPA yang sudah difasilitasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pengajar yang ditugasi oleh Badan Bahasa di lembaga penyelenggara program BIPA akan mendaftarkan para pemelajar di lembaga tersebut.

Pengajar yang bisa mendaftarkan diri adalah pengajar yang ditugasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Tim penugasan pengajar BIPA akan mendaftarkan pengajar tersebut. Pengajar akan menerima informasi akun dan kata sandi dari tim penugasan.


Tera BIPA

Untuk mengikuti tes penempatan atau tes evaluasi belajar BIPA, calon peserta mengeklik “Daftar”. Kemudian, calon peserta harus mengisi data diri yang dibutuhkan.

Calon peserta menunggu email konfirmasi dari admin BIPA Daring. Email itu memuat informasi akun dan kata sandi yang bisa digunakan untuk pelaksanaan tes.